Monday 7 September 2015

KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN PRODI SASTRA INDONESIA


       
Sebagai pemuda pemudi Indonesia, kamu tahu gak apa bahasa persatuan negara kita? Yup, 100 untuk yang jawab Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia ini memang bahasa ibu yang kita gunakan sehari-hari. Tapi, bukan berarti kita sudah tidak harus mempelajarinya lagi. Kita mempelajarinya dari tingkat sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi, kan? Bahkan, sebenarnya ada juga jurusan khusus di perkuliahan untuk mendalami Bahasa Indonesia ini. Read this out yaaa!

       
          Bagi sebagian orang, jurusan Bahasa Indonesia ini memang terkesan gampang sehingga tak jarang juga dianggap remeh. Mereka lebih berbangga untuk mempelajari bahasa asing. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, Bahasa Indonesia juga memiliki banyak kelebihan dan keunikan yang tak kalah jika dibandingkan dengan bahasa asing. Bahkan, banyak orang asing yang malah ingin belajar Bahasa Indonesia. So, buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah untuk mendalami Bahasa Indonesia, ayo bangga! Bukankah sebagai warga negara kita harus mencintai bahasa sendiri?
         
            Jurusan Bahasa Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Bisa dilihat dari perbedaan namanya, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia lebih berfokus pada mempelajari tata bahasa, sejarah bahasa, dan analisis terhadap karya sastra seperti puisi, drama, dan prosa. Sedangkan, jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki fokus tambahan yaitu ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pengajaran (Pedagogi) sehingga siap untuk menjadi pengajar.
        
            Dalam perkuliahan nanti, jenis-jenis mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ataupun Pendidikan Bahasa Indonesia biasanya terdiri atas Teori dan Estetika Sastra, Menulis, Membaca, Komputer, Linguistik Umum, Menyimak, Berbicara, Sejarah Sastra, Aliran Linguistik, Fonologi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Apresiasi Puisi, Retorika, Semantik Bahasa Indonesia, Morfologi Bahasa Indonesia, Sosiolinguistik, Analisis Wacana, Sanggar Bahasa, dll. Tambahan untuk jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, kamu juga akan mempelajari ilmu-ilmu yang terkait dengan Pedagogi seperti Pengembangan Peserta Didik, Problematik Pengajaran, Kurikulum, dll.
            
Berikut secara spesifik penjelasan tentang keunggulan dan kelebihan prodi Sastra Indonesia..



Program Studi Sastra Indonesia (S-1)
Kompetensi Lulusan
  1. Lulusan Sastra Indonesia mempunyai kompetensi di bidang bahasa, sastra, budaya dengan adanya mata kuliah yang menunjang seperti : pengantar linguistik umum, pengantar sastra, manusia dan kebudayaan Indonesia. 
  2. Lulusan juga dibekali jurnalistik dan kehumasan dengan adanya mata kuliah yang sangat menunjang antara lain : pengantar jurnalistik, teknik penulisan berita, dan keredaksian & feature.
  3. Di samping itu, lulusan juga mempunyai kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi (TI), seperti komputer, internet dan penggunaan alat-alat broad-casting dengan adanya mata kuliah yang sangat menunjang antara lain : teknologi informatika, teknik penyuntingan, dan kepenyiaran.
  4.  Lulusan juga terampil berkomunikasi lisan dan tulisan serta mengerti komunikasi lintas budaya dengan adanya mata kuliah: komunikasi prima, komunikasi publik, dan antropologi budaya.

Prospek Lulusan
Lulusan Jurusan Sastra Indonesia sudah bekerja di Pusat Bahasa dan Balai Bahasa, menjadi wartawan, PNS, Perpustakaan, guru atau dosen, penyiar, peneliti bahasa, asistant reaserch, perbankan, penerbit dan editor. Selain itu, juga ada yang bekerja di Dinas Pendidikan Nasional, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisi (BPSNT), dan Pemda.

Kegiatan Kemahasiswaan
Mahasiswa diberi kebebasan untuk berekspresi dan berkreasi dalam bentuk kegiatan seperti: mengadakan pemutaran film, pembuatan film dokumenter/film pendek, mengedit film, bermain/pementasan drama, pameran foto, mengadakan lomba baca puisi, musikalisasi puisi, cerpen, dan mendongeng.

Keunggulan Lain
Jurusan Sastra Indonesia memiliki keunggulan lain yaitu Editing, Kepenyiaran, Komunikasi, BIPA, Pembuatan Film Dokumenter, Penulisan Skenario Film, dan Jurnalistik.
Untuk pelaksanaan praktik, Jurusan Sastra Indonesia memiliki ruang editing, dan studio olah bakat.

Demikianlah ulasan tentang kelebihan dan keunggulan yang dimiliki prodi Sastra Indonesia

SALAM SASTRA

2 comments:

  1. Tidak salah pilih, semoga. Saya semakin mantap untuk mengambil jurusan bahasa dan sastra indonesia saat ingin lanjut ke ptn.. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Semoga gak salah pilih nantinya

    ReplyDelete

CONTOH LAPORAN PERJALANAN KE GALERI LUKISAN

LAPORAN PERJALANAN KE MASJIDI GALERI LUKISAN Laporan: Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Apres...