Makalah Sosiologi- Sejak manusia
dilahirkan di dunia ini, secara sadar maupun tidak, sesungguhnya ia telah belajar
dan berkenalan dengan hubungan-hubungan social yaitu hubungan antara manusia
dalam masyarakat. Hubungan sosial out dimulai dari hubungan antara anak dengan
orang tua kemudian meluas hingga ketetangga. Tahukah anda bahwa ternyata anda telah melakukan aktivitas Sosiologi secara tidak sadar?? Sosiologi adalah ilmu
masyarakat atau ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial,
termasuk perubahan-perubahan sosial. (Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi).
Untuk lebih lengkapnya pengertian sosiologi dapat anda baca di makalah berikut ini..
MAKALAH
PENGERTIAN
SOSIOLOGI DAN SEJARAH PENDIDIKAN SOSIOLOGI
D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
ANDI
RAHMAT
MADRASAH
ALIYAH NEGERI WOLO
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
BAB 1
A. LATAR
BELAKANG
Sejak manusia
dilahirkan di dunia ini, secara sadar maupun tidak, sesungguhnya ia telah belajar
dan berkenalan dengan hubungan-hubungan social yaitu hubungan antara manusia
dalam masyarakat. Hubungan sosial out dimulai dari hubungan antara anak dengan
orang tua kemudian meluas hingga ketetangga.
Dalam hubungan sosial
tersebut terjadilah proses pengenalan dan proses pengenalan tersebut mencakup
berbagai budaya, nilai, norma dan tanggung jawab manusia, sehingga dapat
tercipta corak kehidupan masyarakat yang berbeda-beda dengan masalah yang
berbeda pula.
Sosiologi ini
dicetuskan oleh Aguste Comte maka dari itu dia dikenal sebagai bapak sosiologi,
ia lahir di Montpellier tahun 1798. Ia merupakan seorang penulis kebanyakan
konsep, prinsip dan metode yang sekarang dipakai dalam sosiologi berasal dari
Comte. Comte membagikan sosiologi atas statika social dan dinamika social dan
sosiologi.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Pengertian sosiologi
2. Defenisi sosiologi berdasarkan para
pakar
3. Sejarah singkat sosiologi
C.
TUJUAN
1. Untuk mengetahui pengertian sosiologi
2. Untuk mengetahui defenisi sosiologi
berdasarkan para pakar
3.
Untuk
mengetahui sejarah singkat sosiologi
D. PEMBAHASAN
Secara
harfiah atau etimologi (definisi nominal), Sosiologi berasal dari bahasa Latin:
Socius = teman, kawan, sahabat, dan logos = ilmu pengetahuan. Sedangkan menurut
terminologi, definisi Sosiologi berdasarkan para pakar adalah sebagai berikut :
a. Sosiologi adalah
studi tentang hubungan antara manusia (human relationship). (Alvin Bertrand)
b. Sosiologi adalah
suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok
dengan kelompok, baik formal maupun material, baik statis maupun dinamis.
(Mayor Polak)
c. Sosiologi adalah ilmu
masyarakat umum. (P.J. Bouwman)
d. Sosiologi atau ilmu
masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial,
termasuk perubahan-perubahan sosial. (Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi).
Jadi
kami selaku pemakalah dapat menyimpulkan bahwa sosiologi itu adalah suatu ilmu
yang mempelajari suatu interaksi seseorang dengan orang lain dan lingkungan
masyarakat. Sekarang bagaimana dengan pengertian sosiologi pendidikan itu
sendiri?
Mengenai pertanyaan diatas ada dua pendapat, yaitu :
Mengenai pertanyaan diatas ada dua pendapat, yaitu :
1. Menurut Prof. Dr. S.
Nasution, MA. Mengatakan bahwa memberikan definisi sosiologi
pendidikan tidak mudah. Para ahli pendidikan dan ahli sosiologi telah berusaha
untuk memberikan definisi sosiologi pendidikan, namun definisi-definisi itu
kebanyakan tidak terpakai oleh orang lapangan. Kesukaran untuk memperoleh
definisi yang mantap tentang sosiologi pendidikan antara lain disebabkan :
a. sukarnya membatasi
bidang studi di antara bidang pendidikan dan bidang sosiologi.
b. kurangnya penelitian
dalam bidang ini, dan
c. belum nyatanya
sumbangannya kepada pendidikan umumnya dan pendidikan guru khususnya.
2.
Pendapat yang kedua,
para ahli memberikan pengertiannya, yaitu :
a. Menurut F.G. Robbins,
sosiologi pendidikan adalah sosiologi khusus yang tugasnya menyelidiki struktur
dan dinamika proses pendidikan. Struktur mengandung pengertian teori dan
filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan
kesemuanya dengantata sosial masyarakat. Sedangkan dinamika yakni proses sosial
dan kultural, proses perkembangan kepribadian,dan hubungan kesemuanya dengan
proses pendidikan.
b. Menurut H.P.
Fairchild dalam bukunya ”Dictionary of Sociology” dikatakan bahwa sosiologi
pendidikan adalah sosiologi yang diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah
pendidikan yang fundamental. Jadi ia tergolong applied sociology.
c. Menurut Prof. DR S.
Nasution,M.A., Sosiologi Pendidikana dalah ilmu yang berusaha untuk mengetahui
cara-cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian
individu agar lebih baik.
d. Menurut F.G Robbins
dan Brown, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu yang membicarakan dan menjelaskan
hubungan-hubungan sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta
mengorganisasi pengalaman. Sosiologi pendidikan mempelajari kelakuan sosial
serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.
e. Menurut E.G Payne,
Sosiologi Pendidikan ialah studi yang komprehensif tentang segala aspek
pendidikan dari segi ilmu sosiologi yang diterapkan.
f. Menurut Drs. Ary H.
Gunawan, Sosiologi Pendidikan ialah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan
masalah-masalah pendidikan dengan analisis atau pendekatan sosiologis.
Dari beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan bahwa sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.
Dari beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan bahwa sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan, baik itu struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya secara mendalam melalui analisis atau pendekatan sosiologis.
Sejarah Singkat Sosiologi Pendidikan
Sejak manusia dilahirkan di dunia ini,
secara sadar maupun tidak, sesungguhnya ia telah belajar dan berkenalan dengan
hubungan-hubungan social yaitu hubungan antara manusia dalam masyarakat.
Hubungan sosial out dimulai dari hubungan antara anak dengan orang tua kemudian
meluas hingga ketetangga.
Dalam hubungan sosial tersebut
terjadilah proses pengenalan dan proses pengenalan tersebut mencakup berbagai
budaya, nilai, norma dan tanggung jawab manusia, sehingga dapat tercipta corak
kehidupan masyarakat yang berbeda-beda dengan masalah yang berbeda pula.
E. KESIMPULAN
1. Sosiologi itu adalah suatu ilmu yang
mempelajari suatu interaksi seseorang dengan orang lain dan lingkungan
masyarakat. Sekarang bagaimana dengan pengertian sosiologi pendidikan itu
sendiri?
2.
Sosiologi ini
dicetuskan oleh Aguste Comte maka dari itu dia dikenal sebagai bapak sosiologi,
ia lahir di Montpellier tahun 1798
3.
Ciri-ciri sosiologi
menurut Aguste Comte adalah sebagai berikut:
a. Bersifat empiris yaitu didasarkan pada observasi dan akal
sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif.
b. Bersifat teoritis yaitu selalu berusaha
menyusun abstraksi dan hasil observasi.
c. Bersifat kumulatif yaitu teori-teori sosiologi dibentuk
berdasarkan teori yang ada kemudian diperbaiki, diperluas dan diperhalus
d. Bersifat nenotis
yaitu tidak mempersoalkan baik buruk suatu fakta tertentu tetapi untuk
menjelaskan fakta tersebut.
Okayy guys sepertinya anda sudah paham tentang sosiologi maupun sejarahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bahan bacaan ataupun untuk keperluan tugas anda. Salam pengetahuan . ;)
No comments:
Post a Comment